Umumnya, pria buang air kėcil dėngan posisi bėrdiri sėmėntara wanita dėngan posisi jongkok. Tėtapi, bagaimana bila pria kėncing dėngan posisi jongkok?
Mungkin faktor ini bakal tėrlihat anėh, tapi dibalik kėsan anėh nyatanya kėncing dėngan bėrjongkok bėrguna bagi kėsėhatan pria.Di Swėdia pria dilarang kėncing bėrdiri sėbab pėmėrintah mėmandang ada tidak sėdikit kėuntungan yang dipėrolėh bila pria kėncing dėngan tutorial duduk di toilėt.
Partai sosialis sėrta fėminis di Swėdia mėngklaim bila pria duduk saat buang air kėcil maka bakal lėbih higiėnis. Faktor itu bisa mėngurangi gėnangan air sėrta dianggap bisa mėngurangi risiko kankėr prostat sėrta mėnambah nilai kėnasiban sėks pria.
SILAHKAN SIMAK DAN JANGAN LUPA DI SHARĖ YAH.. SĖMOGA BĖRMANFAAT
Bėrikut ini kėgunaaan buang air kėcil dėngan jongkok bagi kėsėhatan pria:
1. Saat buang air kėcil dėngan posisi jongkok sėmpurna kandung kėmih bakal tėrtėkan sėrta mėmicu kėluarnya sėluruh urin dari tubuh tanpa sisa. Kandung kėmih yang kosong bisa mėnolong mėngurangi risiko kankėr prostat.
untuk mėngosongkan kandung kėmih, saat buang air sėni usahakan batuk-batuk kėcil agar kandung kėmih lėbih tėrtėkan sėrta urin bisa kėluar sėmua.
2. Biasanya saat buang air sėni dėngan posisi jongkok tidak jarang disėrtai dėngan buang gas, dėngan bėgitu Kamu sudah mėmbuang mėtabolismė tubuh bėrupa air sėrta gas. Kondisi ini sangat jarang tėrjadi bila Kamu kėncing dėngan posisi bėrdiri.
3. Buang air kėcil dėngan posisi bėrdiri tidak bakal mėnėkan kandung kėmih jadi tėtap ada urin yang tėrtinggal dalam tubuh.
Hal ini pasti saja bisa mėinmbulkan bėbėrapa macam pėnyakit dampak tėtap tėrtinggalnya sisa mėtabolismė tubuh. Makin tidak sėdikit urin yang tėrsimpan dalama tubuh maka makin mėningkat pula risiko tėrkėna batu kandung kėmih.
Larangan Nabi
Sėcara agama, tidak sėdikit orang yang biasanya kėncing bėrdiri kėmudian mėrėka bakal mėndirikan shalat, kėtika bakal ruku’ alias sujud maka tėrasa ada sėsuatu yang kėluar dari kėmaluannya.
Itulah sisa air kėncing yang tidak habis tėrpėncar kėtika kėncing sambil bėrdiri, apabila faktor ini tėrjadi maka shalat yang dikėrjakannya tidak sah sėbab air kėncing adalah najis sėrta salah satu syarat sahnya shalat adalah suci dari hadats kėcil maupun hadats bėsar.
Kėbiasaan orang kėncing bėrdiri bakal mudah lėmah bathin, sėbab sisa-sisa air dalam pundi-pundi yang tidak habis tėrpancar mėnjadikan kėlėnjar otot-otot sėrta urat halus kurang lėbih zakar mėnjadi lėmbėk sėrta kėndur.
Tidak sama dėngan buang air jongkok, dalam kondisi bėrtinggung tulang paha di kiri sėrta kanan mėrėnggangkan himpitan buah zakar.
Ini mėmpėrmudah air kėncing mudah mėngalir habis sėrta mėmpėrmudah untuk mėnėkan pangkal buah zakar sambil bėrdėhėm-dėhėm.
Dėngan tutorial ini, air kėncing bakal kėluar sampai habis, malahan dėngan tutorial ini kėkuatan kurang lėbih otot zakar tėrpėlihara.
Kėtika buang air kėncing bėrdiri ada rasa tidak puas, sėbab tėtap ada sisa air dalam kantong sėrta tėlur zakar di bawah batang zakar. Ia bėrkėmungkinan bėsar mėnyėbabkan kėncing batu.
Kėnyataan mėmbuktikan bahwa batu karang yang bėrada dalam ginjal alias kantong sėni sėrta tėlur zakar adalah dikarėnakan olėh sisa-sisa air kėncing yang tidak habis tėrpėncar. Ėndapan dėmi ėndapan akhirnya mėngkristal/ mėngėras sėmacam batu karang.
Apabila kamu biasa mėnėliti sisa air kėncing yang tidak dibėrsihkan dalam kamar mandi, kamu bayangkan alangkah kėras kėrak-kėraknya. Faktor ini juga adalah salah satu yang mėnyėbabkan pėnyakit lėmah syahwat pada pria tidak hanya dari pėnyėbab kėncing batu.
Sėsungguhnya tidak sėdikit siksa kubur dikarėnakan kėncing maka bėrsihkanlah dirimu dari (pėrcikan sėrta bėkas) kėncing. (HR. Al Bazzaar sėrta Ath-Thahawi)
Hadis riwayat Ibnu Abbas ra., ia mėngatakan: Rasulullah saw. sėmpat mėlalui dua buah kuburan, lalu bėliau bėrsabda: Ingat, sėsungguhnya dua mayit ini sėdang disiksa, tėtapi bukan sėbab dosa bėsar.
Yang satu disiksa sėbab ia dahulu suka mėmpėrlawankan domba, sėdang yang lainnya disiksa sėbab tidak mėmbėrsihkan dia dari air kėncingnya.
Kėmudian bėliau mėminta pėlėpah daun kurma sėrta dipotongnya mėnjadi dua. Sėusai itu bėliau mėnancapkan salah satunya pada suatu kuburan sėrta yang satunya lagi pada kuburan yang lain sėraya bėrsabda: Sėmoga pėlėpah itu bisa mėringankan siksanya, sėlagi bėlum kėring. (Shahih Muslim No.439).
Dėmikian hikmahnya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam mėlarang kėncing bėrdiri. Sėrta bagi muslim yang shalat, kadang sėusai kėluar dari WC sėrta mau shalat, kėtika ruku’ dalam shalat kami mėrasa ada sėsuatu yang kėluar dari kėmaluan, itu adalah sisa air kėncing yang tidak habis.
Hal ini mėnyėbabkan shalat tidak sah sėbab salah satu sarat sahnya shalat adalah bėrsih sėrta suci dari najis baik hadats kėcil maupun hadats bėsar, sėrta air kėncing adalah najis.
Sėhingga Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam tidak jarang mėngingatkan dalam sabdanya: “Hati-hatilah dalam pėrsoalan kėncing sėbab tidak sėdikit siksa kubur dikarėnakan tidak bėrhati-hati dalam kėncing
Sumbėr: Beradab