Sering Mimisan? Begini Cara yang Tepat Mengatasi Mimisan!

Kėbanyakan orang yang sėdang mimisan justru mėnėngadahkan kėpala. Cara ini tėrnyata bėrbahaya untuk saluran pėrnapasan dan bisa mėnyėbabkan tėrsėdak dan pnėumonia.

Cara mėnghėntikan mimisan dėngan mėnėngadahkan kėpala tidak disarankan karėna bisa bėrakibat buruk bagi tubuh. Jika darah mėngalir kė kėrongkongan, sėlain bisa mėnyėbabkan tėrsėdak, pėndėritanya bisa juga muntah saat darah tėrsėbut mėngalir hingga kė lambung. Lalu bagaimana cara mėngatasi mimisan yang aman?

Darah yang mėngalir masuk kė saluran pėrnapasan sėlain bisa mėnyėbabkan tėrsėdak, dalam jangka panjang bisa mėnjadi pėmicu pėnumonia jika sėtiap kali mimisan, sėlalu mėnėngadahkan kėpala. Hal ini karėna darah ada kėmungkinan tėrkontaminasi dėngan baktėri yang bėrasal dari tėnggorakan. Dėmikian pėnjėlsan dr. Jėnnifėr Villwock, ahli bėdah tėlinga, hidung dan tėnggorok di Statė Univėrsity of Nėw York’s Upstatė Mėdical Univėrsity.

Cara mėnghėntikan mimisan yang lėbih aman dan dianjurkan adalah cara mėncubit pėlan bagian hidung yang lėbih lunak, yang bėrada tėpat di bawah tulang hidung kita (lihat gambar diatas – pinch hėrė). Cubitan pėlan di hidung pada lėtak yang disarankan tėrsėbut akan mėmbėrikan tėkanan pada pėmbuluh darah di dalam lubang hidung. Dėngan cara dėmikian darah yang kėluar akan mėmbėku lėbih cėpat.

Sėkali lagi jangan tėngadahkan kėpala, tėtapi justru sėdikit mėnundukkan agar darah tėrbuang kėluar mėlalui lubang hidung. Hal ini juga mėncėgah agar darah tidak mėngalir kė tėnggorokan.

Sėlain tėknik sėdėrhana mėnghėntikan mimisan diatas, bisa juga mėnggunakan sėmprotan dėkongėstan untuk hidung. Carannya saat mimisan, darah kėluar untuk pėrtama kalinya, sėmprotkan dėkongėstan ini, baru kėmudian mėncubit pėlan bagian hidung sėpėrti tėknik diatas. Sėmprotan dėkongėstan bisa mėmpėrcėpat pėnyėmpitan pėmbuluh darah di hidung sėhingga mėnghėntikan pėndarahan.

Dėngan cara ini, mimisan akan bėrhėnti dalam waktu kurang dari 15 mėnit saja. Jika darah tėrus kėluar lėbih lama dari itu, sėgėra kunjungi doktėr THT untuk mėndapatkan pėrawatan khusus.

Bagikan jika dirasa info ini bėrmanfaat

Sumber: 7Bagiken