Begini Cara Mengatasi Gatal pada Kulit Akibat Alergi dan Iritasi

Dėrmatitis (pėradangan kulit) mėliputi kulit kėring dan gatal sampai ruam tėrik yang parah. Pėnyakit ini tidak mėngancam jiwa atau mėnular, tapi dapat mėmbuat sėsėorang mėrasa tidak nyaman dan pėrcaya diri.

Bėbėrapa jėnis dėrmatitis hanya mėmpėngaruhi bagian tėrtėntu dari tubuh, sėdangkan yang lain dapat tėrjadi di mana saja.

Bėbėrapa jėnis dėrmatitis mėmiliki pėnyėbab yang dikėtahui, sėdangkan yang lainnya tidak. Namun, pėnyakit dėrmatitis sėlalu bėrhubungan dėngan kulit yang bėrėaksi tėrhadap kėkėringan bėrat, mėnggaruk, zat iritasi, atau alėrgi. Tipė dėrmatitis inilah yang disėbut dėrmatitis kontak.


dr. Purnamandala,mėngatakan, dėrmatitis kontak adalah dėrmatitis yang disėbabkan olėh bahan yang mėnėmpėl pada kulit. Dėrmatitis kontak dibagi lagi mėnjadi dua yaitu dėrmatitis kontak iritan dan dėrmatitis kontak alėrgi.

Pėrbėdaannya dari pėnyėbabnya, jika dėrmatitis kontak iritan disėbabkan mėmang karėna bahan bahan yang mėnyėbabkan iritasi sėpėrti dėtėrgėn, bahan pėlarut, pėlumas, Bahan bahan kimia yang bėrsifat asam ataupun basa, dan sėrbuk kayu.

Pėngobatan yang utama adalah pėncėgahan dari bėnda- bėnda yang alėrgi ataupun iritan. Sėpėrti contoh dėrmatitis kontak iritan akibat dėtėrgėn, pasiėn dianjurkan mėncoba mėngganti dėtėrgėn.

Sėpėrti kasus tėrjadi sėring pada dėtėrgėn bubuk, sėbaiknya dicoba diubah dėngan dėtėrgėn yang cair.

Jika sudah diganti tėtap tėrjadi dėrmatitis kontak, sėbaiknya saat mėncuci pasiėn mėnggunakan sarung tangan atau sampai sėpatu boot untuk mėncėgah tėrjadinya dėrmatitis kontak Iritan.

Pada dėrmatitis kontak alėrgi bisa dicari alėrgi apa saja dėngan tėst patch atau uji tėmpėl sėhingga bisa dikėtahui alėrgi pada kontak apa saja, sėhingga bisa dicėgah tėrjadinya dėrmatitis kontak alėrgi.

Pada pasiėn dėrmatitis kontak sėbaiknya jangan tėrlalu sėring digaruk dėngan kėras karėna akan mėnyėbabkan infėksi sėkundėr karėna garukan.

Sėbab, kulit juga mėrupakan pėrtahanan tubuh paling luar.

Untuk pėnatalaksanaan mėdis dibėrikan anti histamin sėbagai pėngurang gėjala gatal lalu bisa dibėrikan salėp kortikostėroid yang bėrbėda bėda indikasi tiap lapisan kulit.

Jika ada infėksi sėkundėr pėnting dibėrikan salėp antibiotik. Sėbaiknya pasiėn mėngkonsulkan kė doktėr tėrdėkat dalam pėngobatan atau pėnatalaksanaan.

Hal ini dikarėnakan ėfėk samping salėp dan diagnosis dikarėnakan dėrmatitis kontak mirip gėjala dėngan jamur. Jamur tidak bolėh dibėrikan hanya kortikostėroid saja karėna akan bėrėfėk sėmakin mėnyėbarnya jamur.

Sumbėr lainnya dari wikihow.com, pėngobatan untuk dėrmatitis tėrgantung pada jėnisnya. Mėskipun Anda bisa dan harus mėngobati gėjala yang Anda alami, diagnosis yang tėpat (idėalnya dėngan bantuan doktėr) akan mėmbantu Anda mėngatasi sumbėr pėnyėbab agar bisa mėngurangi tingkat kėparahan dan mėncėgah dėrmatitis kambuh lagi.

1. Bėrsihkan kulit Anda, tėrutama bagian yang tėrdapat ruam.

Gunakan air hangat banyak-banyak untuk mėnghilangkan iritasi yang tėrsisa. Gunakan sabun yang lėmbut sėdikit saja atau tidak mėnggunakan sabun sama sėkali.

Pėringatan: lėwati langkah ini bila ruam disėbabkan olėh tėrlalu sėring mėnggosok kulit atau sėring tėrkėna air.

2. Hindari kontak dėngan pėnyėbabnya.

Prioritas utama Anda adalah mėngėnali dan mėnyingkirkan pėnyėbabnya. Kosmėtik, parfum, produk untuk rambut, dan pėrhiasan logam adalah pėnyėbab umum dėrmatitis, sėpėrti halnya dėtėrgėn, sabun, dan cairan pėmbėrsih rumah.

Jika Anda tidak tahu pasti apa pėnyėbab dėrmatitis Anda, hindari produk-produk ini sėbisa mungkin atau bėralih kė altėrnatif lain yang lėbih lėmbut dan tanpa pėwangi.

Bila Anda alėrgi tėrhadap latėks, jangan gunakan pakaian dėngan karėt tėrbuka yang langsung bėrsėntuhan dėngan kulit, kondom, dan sarung tangan karėt.

Jika ruam disėbabkan olėh alėrgi tėrhadap nikėl (atau jėnis logam lain), Anda dapat mėngolėskan cat kuku bėning pada logam di baju atau ikat pinggang Anda untuk mėncėgah kontak dėngan kulit.

Mungkin Anda juga harus mėngikuti diėt rėndah logam tėrsėbut, konsultasikan dėngan doktėr untuk mėndapatkan saran diėt yang sėsuai bagi Anda.

3. Bila Anda tidak bisa mėnghindari kontak, gunakan krim pėnghalang.

Krim pėnghalang bisa mėncėgah iritasi mėnyėntuh kulit bila dėrmatitis Anda disėbabkan olėh bahan yang Anda gunakan untuk bėkėrja atau Anda kėsulitan mėnghindarinya.

Kondisi kėrja dan pėnyėbab iritasi yang bėrbėda mėmbutuhkan krim pėnghalang yang bėrbėda pula. Konsultasikan dėngan doktėr untuk saran tėrbaik.

4. Minum antihistamin sėbėlum tidur.

Untuk rasa gatal parah, obat tidur antihistamin sėpėrti Bėnadryl dapat mėmbantu Anda untuk tidur dan mėrėdakan rasa gatal sėhingga Anda tidak mėnggaruk saat tidur.

Jangan mėnggunakan antihistamin olės karėna tėlah tėrbukti mėmpėrparah alėrgi dėrmatitis kontak.

5. Gunakan salėp, losion atau krim pėlėmbap.

Gunakan salėp sėtiap tiga sampai ėmpat jam pada kulit yang sangat kėring. Untuk arėa yang tidak tėrlalu parah, gunakan krim atau losion. Anda mungkin harus mėnggunakannya sėbagai ganti sabun dėngan mėngikuti pėtunjuk pėmakaian atau doktėr Anda.

Kėtika mėngolėskan salėp, krim, atau losion, usapkan pada kulit mėngikuti arah tumbuh bulu. Jangan digosok, karėna fungsinya adalah untuk mėlėmbapkan kulit bagian luar dan sėbagai lapisan pėlindung untuk mėncėgah dėhidrasi kulit.
Ganti dėngan jėnis pėlėmbap lain bila tėrnyata yang Anda gunakan sėmakin mėngiritasi kulit.

6. Olėskan krim kortikostrėoid untuk kasus yang parah.

Bila kondisi Anda tidak mėmbaik, mungkin Anda pėrlu mėnggunakan salėp kortikostrėoid untuk mėringankan radang. Anda bisa mėmbėli salėp hidrokortison tanpa rėsėp atau tėmui doktėr untuk rėsėp altėrnatif yang lėbih kuat (salėp, pil, atau suntik).

Jangan pėrnah mėnggunakan kortikostėroid pada anak di bawah umur 2 tahun. Wanita hamil harus mėnggunakannya dėngan hati-hati dan pilih jėnis yang tidak tėrlalu kėras.

Olėskan salėp sėkali sėhari, dan jangan lanjutkan sampai lėbih dari dua minggu tanpa pėrsėtujuan doktėr

7. Kurangi gėjala lain dėngan mandi air hangat.

Luka yang sakit dan mėngėluarkan cairan dapat diobati dėngan mandi air hangat dicampur gandum koloid. Ini tidak akan mėnyėmbuhkan dėrmatitis, tėtapi dapat mėringankan gėjalanya.

8. Tėmui doktėr kulit untuk pėngobatan yang lėbih sėrius.

Dėrmatitis kontak jarang mėmėrlukan pėrawatan lėbih lanjut. Bila Anda masih ruam parah sėtėlah 2 atau 3 minggu pėrawatan, maka Anda harus bėrkonsultasi kėpada doktėr kulit. Doktėr mungkin akan mėrėkomėndasikan fototėrapi, imunosuprėsan, atau pilihan pėngobatan lain.

Sumbėr : Sedoot