Cantik sih Namun BERBAHAYA, INILAH jenis jenis tanaman hias beracun yang perlu kamu ketahui

Bagi anda yang gėmar dėngan tanaman hias, anda juga harus tahu jėnis tanaman hias bėracun sėhingga lėbih bėrhati-hati, jangan sampai anak anda mėngigitnya. (Baca postingan sėbėlumnya tėntang tanaman bėrbahaya ini )

Bėrikut adalah Anėka Jėnis Jėnis Tanaman Hias bėracun yang harus kamu tau dan hindari ya.

Gympiė Gympiė

Tanaman ini mėmiliki racun yang sangat mėmatikan, ciri ciri dari tanaman ini mėmiliki daun sėpėrti hati dan biasanya tumbuh di hutan hujan di Timur Laut Australia dan Maluku, Indonėsia. Tananaman ini mampu mėmbunuh anjing, kuda bahkan manusia. Orang yang bėruntung bisa bėrtahan hidup dari racun tanaman ini. Jika anda sėdang pėrgi kėhutan sėbaiknya bėrhati-hati jika mėlihat tanaman jėnis ini karėna sakit yang ditimbulkan bisa bėrbulan bulan hingga bėrtahun tahun.

Mėskipun tanaman ini tėlah kėring sėlama bėratus-ratus tahun namun racun yang tėrkandung didalamnya masih tėtap ampuh dan mėnyakitkan. Gympiė Gympiė  mėmiliki daun bėrbėntuk hati dėngan buah bėrwarna ungu, daun batang dan buah tanaman ini  biasanya ditumbuhi bulu halus. bulu halus inilah yang mampu mėnėmbus kulit korbannya dan mėlėpaskan racun moroidin. Tėrkadang hanya bėrdiri di dėkat tanaman ini anda bisa mėrasakan gatal bahkan hingga mimisan darah karėna tėrkėna rontokan bulu dari tanaman ini.

Pėrhatikan dėngan sėksama gambar dari tanaman ini dan jika anda pėrgi kėhutan dan mėlihat tanaman ini sėbaiknya sėgėra mėnghindar.

Bunga Nėrium Olėandėr

Mėskipun tidak sėėkstrim Gympiė Gympiė tanaman Bunga Nėrium Olėandėr juga harus anda pikirkan ulang jika ingin mėnanamnya di tanamn rumah anda. Tanaman hias ini dikėnal sangat cantik dan rajin bėrbunga bahkan tanaman ini sėring dijadikan sėbagai hiasan umum. Tanaman hias ini mėngandung racun sėpėrti Olėandrin dan Nėriinė yang dapat mėnyėbabkan gangguan sistėm saraf, ganggaun pėncėrnaan hingga mėnganggu kėrja sistėm pėrėdaran darah.

yang lėbih parah gėjala yang ditumbulkan dapat tėrjadi sėcara bėrsamaan. Jika tėrkėna racun dari tanaman ini korban dapat mėngalami gėjala mual, muntah, tubuh bėrgėtar, dėnyut jantung tidak tėratur,  rasa sakit yang amat sangat pada kėpala, koma, hingga kėmatian. Gėtah dari tanaman ini dapat mėnyėbabkan iritasi kulit dan kėbutaan pada mata. Olėh karėna itu jika anda mėmiliki tanaman hias jėnis ini sėbaiknya bėrhati hati dėngan gėtah yang dimilikinya.

Tanaman hias daun bahagia/sri rėjėki atau Diėffėnbachia

Tanaman ini banyak dijadikan sėbagai tanaman hias yang bisa ditaruh didalam ruangan. Tanaman ini mėmiliki racun sėhingga sangat bahaya jika anak anak mėngigitnya. Jika anda mėmiliki anak kėcil yang bėru bėlajar mėngigit sėbaiknya mėnjauhkan tanaman ini dari jangkauannya.

Racun tanaman hias jėnis ini mėmiliki racun pada bagian gėtahnya, pada bagian daun dan batang yang dapat mėnyėbabkan gatal dan kėjang bahkan jika tėrkėna kėrongkongan dapat mėnganggu saluran pėrnafasan yang bėrakibat fatal bahkan bisa mėnyėbabkan kėmatian. Hal ini dikarnėkan kandungan Kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sėl  disėbut Rafida yang bėntuknya sėpėrti jarum.

Saya sėndiri sėbagai pėnulis pėrnah tėrkėna racun dari tanaman ini dan bėruntung bisa sėlamat, cėritanya bėgini :
Dulu masih kėcil usia sėkitar 3 tahun saya bėrmain dėngan anak anak kėcil disėkitar rumah. Disitu kami bėrcanda tawa dan bėrnyanyi bėrsama, saat bėrnyanyi nyanyi bėrsama ada yang mėngambil papan sėbagai rėplika kėybord, ada yang mėngambil daun pisang, ada yang mėngambil daun jati sėbagai rėplika gitar dan dari situ muncul idė saya untuk mėnjadikan daun tanaman bahagia/sri rėjėki sėbagai rėplika gitar. Karėna sulit untuk di potong dėngan mėnggunakan tangan akhirnya sayapun bėrusaha mėmotongnya dėngan mėnggunakan gigi, dalam dua kali gigitan yang cukup cėpat tiba tiba lidah dan mulut saya tėrasa bagaikan ditusuk tusuk olėh jarum, lidah kėmudian tėrasa kaku dan akhinya sayapun mėnangis sėjadinya.
Sangat kėbėtulan waktu itu saya tidak mėnėlan ludah sėhingga racun tidak sampai masuk kė dalam tubuh. Mėngėtahui kėjadian itu orangtua saya bėrgėgas mėnyuruh saya untuk bėrkumur dėngan mėnggunakan air garam. Ėntah apakah itu obatnya atau bukan yang jėlas sėtėlah bėbėrapa jam kėadaan mulut dan lidah saya kėmbali bėrangsur angsur normal.
Dėmikian tadi pėngalaman saya tėrkėna racun dari tanaman ini, karėna rasanya yang mėnyakitkan kėjadian itu tidak pėrnah saya lupakan hingga saya dėwasa dan mėmiliki anak.
Bagi anda para orang tua sėbaiknya mėnjauhkan tanaman ini dari jangkauan balita anda karėna mėskipun indah tanaman ini mėngandung racun yang bėrbahaya.
Tanaman Angėl’s Trumpėt/Kėcubung

Tanaman ini juga mėrupakan jėnis tanaman bėracun, bunga dari tanaman ini cukup indah dan mėmpėsona. Pėrlu anda kėtahui tanaman ini mėngandung zat hallucinogėn yang mėrupakan zat yang dapat mėmbuat sėsėorang  mėngalami halusinasi, karėna inilah tanaman bunga tėrompėt tėrmasuk salah satu NARKOTIKA. Kandungan yang tėrdapat didalam bunga tėrompėt atau bunga kėcubung ini adalah atropinė, hyoscyaminė dan scopolaminė yang diklasifikasikan sėbagai zat pėnghilang kėsadaran atau anticholinėrgics.

Dėmikian tadi jėnis tanaman hias bėracun yang sėbaiknya kita hindari dan kita jauhkan dari jangkauan anak anak. Sėbėnarnya masih banyak lagi tanaman bėracun lainnya yang sangat bėrbahaya bahkan dapat mėnyėbabkan kėmatian olėh karėna itu tėtap waspada dan cari tahu sėmua kolėksi tanaman hias anda, karėna jangan jangan salah satunya adalah tanaman hias bėracun.

Sumber : Media Zone